Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Paralel Router WIFI IndiHome Tanpa Atau Menggunakan Kabel

Mengetahui cara paralel router WIFI IndiHome berguna agar jaringan internet dapat dijangkau pada seluruh ruangan. Pasalnya jika hanya satu router saja jaringannya seringkali tidak menjangkau jauh. Oleh karena itu, dibutuhkan cara paralel agar dapat diakses pada seluruh area rumah.

Cara Paralel Router WIFI IndiHome Tanpa Atau Menggunakan Kabel

Mengingat setiap bagian mempunyai ruangan masing-masing, maka semua jaringan harus sampai tanpa perlu menambah paket langganan WIFI. Langkah paralel tidak begitu susah dilakukan. Cukup ikuti penjelasan dalam artikel ini saja.

Cara Paralel Router WIFI IndiHome Menggunakan Kabel LAN

Langkah yang dapat dipilih pertama yaitu dengan bantuan kabel LAN dan tambahan router berbeda tipe. Tujuannya supaya menjadi primer dan sekunder.

Pastikan pula koneksi internet pada router utama tetap terhubung. Setelah itu, silahkan ikuti beberapa petunjuk di bawah untuk memulai cara paralel router WIFI IndiHome memakai kabel.

1. Menyambungkan Kedua Kabel

Apabila kabel LAN sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyambungkan kabel tersebut pada port khusus yang sudah tersedia. Keduanya harus terhubung karena router satu difungsikan sebagai pengirim internet, maka router yang kedua sebagai penerima sinyal.

Cara mudahnya yaitu pasangkan kabel LAN ke port LAN di router pertama, sedangkan pada router lain kabel dimasukkan ke port WAN. Jangan lupa ujungnya dihubungkan pada perangkat PC.

2. Melakukan Pengaturan

Sekarang saatnya mulai melakukan pengaturan pada keduanya melalui perangkat PC. Mungkin hal ini terlihat sulit padahal tidak begitu. Begini langkahnya:

     Tulis Kan alamat IP router pada mesin pencarian internet.

     Setelah itu, masuk menggunakan username dan kata sandi yang sebelumnya dibuat untuk mengakses router.

     Selanjutnya carilah menu ‘Network Setting’, lalu ke ‘Internet Access’.

     Kemudian pilih ‘Wan Prefered’ untuk mengaktifkan jaringan.

3. Mengubah IP Address Router Tambahan

Karena kedua router sudah tersambung, maka secara otomatis IP TP Linknya sama. Dengan begitu pengguna harus mengubah IP penerima sinyal hanya pada ujungnya saja.

Caranya dengan mengakses ‘Interface Setup’. Isikan pada kolom IP yang sudah tersedia dan simpan. Jika sudah disimpan, akses ulang router kedua untuk menyambungkan jaringan agar menjadi satu. Langkahnya sedikit berbeda yaitu sebagai berikut:

     Masuk ke menu ‘Interface Setup’.

     Pilih LAN pada tab.

     Klik ‘Disabled’ pada IGMP Snoop dan ‘Relay’ pada DHCP.

     Isikan alamat IP di router kedua sama persis seperti IP utama.

     Simpan dan selesai.

4. Lakukan Pengecekan

Jika semua langkah sudah selesai dilakukan, maka saatnya mencoba jaringan apakah sudah dapat dihubungkan atau belum. Bisa dengan perangkat apapun seperti ponsel dan laptop. Pastikan untuk mencoba pada setiap sudut yang cukup jauh supaya lebih efektif.

Cara Paralel Router WIFI Indihome Tanpa Kabel dengan WiFi Extender

Jika pengguna tidak ingin ribet menggunakan kabel, IndiHome sendiri menyediakan alternatif lain yang lebih mudah. Namun, tentu saja berbayar. Caranya yaitu dengan memilih WIFI Extender dimana perangkat ini digunakan untuk memancarkan jaringan yang cukup luas.

Bahkan pada setiap sudut yang sulit dijangkau sinyal bawaan.Menggunakan WIFI Extender juga tidak membutuhkan router tambahan dan kabel LAN. Pasalnya cara kerjanya dilakukan dengan sambungan nirkabel. Harga yang perlu dibayarkan pun tidak mahal, sehingga pengeluaran pengguna akan tetap aman.

Begitulah dua cara paralel router WIFI IndiHome yang dapat dipilih. Sebetulnya terdapat satu cara lagi yaitu dengan WIFI Repeater, tetapi tetap membutuhkan dua router untuk memancarkan sinyalnya. Perbedaannya hanya tidak memakai kabel. Silahkan pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.