Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengecek Garansi Laptop Asus Dengan Mudah

Garansi laptop sangat penting dilakukan ketika sedang berada dalam kondisi tertentu. Terutama ketika sedang ada masalah atau ketika membeli laptop baru. Bisa jadi juga karena laptop asus lama untuk sekedar memastikan ada garansi. Berikut akan dibahas cara mengecek garansi laptop asus.

3 Cara Mengecek Garansi Laptop Asus Dengan Mudah

Maka, untuk memastikan kapan garansi masih berlaku ikuti saja cara mengecek garansi laptop asus berikut ini:

1. Cek Kapan Membeli Laptop Asus

Cara mengecek garansi laptop asus yang pertama bisa dilihat dari tanggal membelinya. Ketika sudah tahu kapan dengan tanggal dan bulan langsung terlihat masa garansi yang diberikan. Terlebih lagi jika laptop yang akan dibeli adalah bekas maka tanyakan kapan pertama kali membelinya.

Penting diketahui apabila pengguna sebelumnya telah lama menggunakannya tiga tahun sejak awal tanggal membelinya, maka perkiraan garansi laptop telah habis. Hal ini dikarenakan masa garansi untuk laptop biasanya hanya berlaku mulai satu sampai 2 tahun saja tidak melebihi dari batas itu.

2. Ketahui Masa Garansi Lewat Nomor Serinya Di Laptop.

Tips kedua bisa dilihat dari nomor serial laptop. Cara mudah untuk mengecek serial number adalah pada kardus dan stiker di bawah laptop.

Letaknya ada di laptop bagian bawah. Apabila tidak menemukan nomor seri pengguna bisa menggunakan alternatif lain untuk cek nomor serinya. Adapun caranya bisa ikuti salah satunya:

     Periksa di bawah buku panduan laptop. Biasanya number seri ada disitu, biasanya dalam bentuk stiker. Ada juga garansi tertulis di bagian sisi stiker, jika ada kode 24M, berarti masa garansi laptop adalah 2 tahun sejak tanggal pembelian.

     SN Karton Serial number juga sering terlihat di box laptop ASUS Pengguna, silahkan masuk ke box pembelian untuk melihat apa serial number laptop Pengguna. Jika nomor seri laptop tidak dapat ditemukan. Pengguna dapat menggunakan metode ini.

     Gunakan CMD. Awalan perlu masukkan menu cmd tadi di search atau pencarian. Kemudian Apabila sudah tampil klik dua kali untuk membuka. Cara lain bisa gunakan kombinasi di keyboard windows R. Ketik secara manual CMD setelah itu klik ok.

3. Cara mengecek Garansi Laptop Asus Lewat Online

Apabila pengguna telah mengetahui nomor seri maka langkah yang harus dilakukan dengan cek garansi online. Tentu di situs khusus memeriksa garansi laptop Asus. Adapun cara dapat nomor seri bisa ikuti langkah tadi. Adapun langkahnya adalah berikut ini:

     Buka halaman situs web Periksa Status Garansi ASUS melalui tautan ini

     Pada halaman Pemeriksaan Status Garansi ASUS, Pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor seri atau nomor seri perangkat. Sekarang tugas Pengguna adalah mencari serial number laptop ASUS.

      Nomor seri notebook ASUS biasanya terletak di bagian belakang atau bawah notebook. Pengguna akan menemukan label dengan informasi berupa nama laptop. Temukan rangkaian angka dan huruf pada bagian ini dengan bagian awal yang ditPenggunai dengan SN alias nomor seri, contoh: L6NRKD001305252

     Kembali ke halaman website Cek Status Garansi, masukkan serial number pada kolom yang tersedia, dan centang bagian Agreement. Sekarang yang harus Pengguna lakukan adalah mengklik tombol kirim.

     Pengguna akan melihat halaman baru dengan informasi tentang jenis laptop, model laptop. Ini juga akan menampilkan informasi tentang status garansi, termasuk di dalamnya tanggal kadaluarsa masa garansi.

Terakhir, penjelasan cara mengecek garansi laptop asus sudah selesai. Ada secara manual dan juga secara online. Namun dengan cara online harus tahu nomor serinya terlebih dahulu. Informasi ini bisa memberikan pencerahan dan berguna bagi pengguna.